Gema Islam

Pendidikan Agama Islam untuk Siswa Muslim Dilegalkan di Jerman

Pendidikan Agama Islam untuk Siswa Muslim Dilegalkan di Jerman

Januari 08
08:13 2014

HESSE (gemaislam) – Siswa-siswa muslim di Jerman mulai diperkenalkan dengan pendidikan agama Islam di sekolah-sekolah mereka. Pendidikan agama Islam ini mulai dilegalkan pada tahun ini sebagai bagian dari kurikulum pendidikan di Jerman, seperti halnya pendidikan agama Katolik dan Protestan.

Selama puluhan tahun, mata pelajaran agama Islam bagi siswa-siswi muslim di Jerman tidak mendapatkan perhatian dari otoritas Pendidikan di Jerman.

“Kita disini bersama-sama bekerja sama untuk mendidik anak yang ada di Jerman. Menurut saya, keputusan puluhan tahun yang lalu itu merupakan tindakan mengasingkan warganya,” kata Nicola Beer, menteri pendidikan kota Hesse.

Kebijakan ini akan mulai dilakaksanakan di kota Hesse, bagian tengah Jerman, sebelum diintegrasikan dengan wilayah-wilayah lainnya. Keputusan ini disambut gembira oleh para pengajar dan tenaga pendidik muslim di Jerman.

“Anak-anak datang kesini dengan latar dan kebudayaan yang berbeda,” kata Timur Kumlu, salah seorang guru di Hesse kepada New York Times yang dikutip dari onislam, Rabu (8/11).

“Siswa Muslim kami harus tumbuh sesuai dengan akar kebudayaan dan asalnya,” tambahnya.

Populasi muslim di Jerman saat ini berada di kisaran antara 3,8 hingga 4,3 juta jiwa (5% dari total penduduk 82 juta jiwa). Di Jerman, Muslim merupakan kelompok minoritas yang haknya sering diabaikan.

Harian Der Spiegel pada bulan Agustus 2013 lalu misalnya, memberitakan bahwa Jerman merupakan negara yang sangat tidak toleran terhadap imigran dan warga muslim. Bahkan dalam sebuah jajak pendapat yang dilakukan oleh lembaga riset Infratest-Dimap, lebih dari sepertiga responden memilih “Jerman tanpa Islam”. (arc)

Artikel Terkait

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

Your email address will not be published.
Required fields are marked *

Galeri Gema

Islamia